Bantaran Kali Cibalok di Pakuan Longsor, BPBD Ulurkan Bantuan - BarayaNews

Bantaran Kali Cibalok di Pakuan Longsor, BPBD Ulurkan Bantuan

BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyerahkan bantuan berupa terpal untuk menutup tebingan kali Cibalok yang terdampak longsor di RW 05, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (15/03/2021).

Lurah Pakuan, Erwin Subastian mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan BPBD ini setidaknya bisa mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

“Ini atas dasar informasi dan juga kepedulian pengurus RW di sini, dimana mereka selalu menyampaikan untuk segera dikirimkan bantuan ke BPBD, dan akhirnya bantuan tersebut dikirim hari ini,” kata Erwin.

Erwin mengimbau kepada warga untuk tetap waspada akan terjadinya bencana terlebih saat hujan turun.

“Ya, saya minta pak RW dan jajaran untuk mengajak warganya agar tidak membuang sampah ke tempat ini. Sebab, jika ini dibiarkan maka akan merusak alam, dan berdampak juga pada bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 05 Ismet Oyo menuturkan, bencana longsor ini terjadi sejak bulan Februari 2021 lalu.

Menurutnya, longsoran tersebut terjadi lantaran fondasi atau tembok penahan tanah (TPT) sudah rapuh.

“Ditambah pula kontur tanah di sekitar labil. Bukan itu saja, rumah warga di sepanjang aliran sungai menjadi salah satu faktor, sebab air yang mengalir di kali Cibalok ini mengalirnya tidak efektif,” ujarnya

“Sebetulnya sungai Cibalok ini cukup besar, tapi karena ada rumah warga yang lokasinya di bawah jadi sempit. Akibatnya ketika hujan turun, airnya itu tumpah ke tembok yang longsor itu,” tambahnya.

Lanjut dia, longsor di wilayahnya itu ketinggiannya sekitar 10 meter. Sedangkan, tanah yang tergerus lebarnya mencapai kurang lebih 5 meter.

“Lokasi longsorannya itu berada diatas warung bakso, beruntung waktu kejadian tidak ada korban dan kini kios basonya dikosongkan sementara,” katanya.

Dia berharap, pemerintah segera memperbaiki tanah longsor ini. “Sebetulnya ini sudah kita ajukan tiga kali lewat musrenbang, tapi karena ini kewenangannya ada di propinsi jadi prosesnya agak lama. Yang jelas kami di sini inginnya cepat diperbaiki ya,” pungkasnya.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: