Dalam Rangka Bukan Mutu Karantina, Masyarakat Diedukasi Soal Mutu Kualitas Ikan

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menghadiri Bulan Mutu Karantina 2021 di Danau LSI Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Senin (24/5/2021).

Perhelatan ini merupakan hasil inisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan.

Bulan Mutu Karantina 2021 ini sebagai salah satu wadah edukasi bagi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Rina menjelaskan, Bulan Mutu Karantina ini merupakan perhelatan yang keenam kalinya yang digelar BKIPM.

Kata Rina, Bulan Mutu Karantina ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan dan menyosialisasikan Gerakan Makan Ikan yang bermutu kepada masyarakat. Saat ini, dari 273 wilayah kerja BKIPM dengan 47 kantor karantina yang ada di 34 provinsi, pihaknya terus melakukan kegiatan sosialisasi serupa.

“Kita juga menyosialisasikan peraturan perkarantinaan ikan baik di laut maupun secara budidaya. BKIPM juga memberikan bantuan ikan yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak,” ucapnya.

Tujuannya jelas, kata Rina, ikan bisa dijadikan sektor konsumtif utama bagi masyarakat. Namun tetap dengan mutu yang baik, dan disajikan sebagai makanan yang sehat, lezat dan mudah didapat.

“Relatif terjangkau oleh masyarakat dan Indonesia ini sangat potensial untuk produk perikanan ataupun hasil-hasil perikanan di laut maupun budidaya,” jelasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyampaikan, pemerintah terus menggalakkan gemar makan ikan sebagai salah satu sumber protein bagi masyarakat.

Selain itu, program makan ikan ini juga sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting yang masih terjadi di Kota Bogor.

“Dukungan Kementerian Kelautan Perikanan serta Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Kota Bogor merupakan penyemangat kami untuk terus meningkatkan konsumsi sayur dan protein. Agar tercapai misi menjadikan Kota Bogor sebagai Kota yang Sehat,” tambah Dedie.

Selain Dedie dan para petinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikut hadir dalam Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 Rektor IPB University, anggota DPR RI Endang Setyawati Thohari, Budhy Setiawan, Ichsan Firdaus serta pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan