Dedie Ajak Kembangkan Pariwisata Melalui SCENE 2022 - BarayaNews

Dedie Ajak Kembangkan Pariwisata Melalui SCENE 2022

BOGOR – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menyelenggarakan SCENE Tahun 2022 Masterclass Pengembangan Skenario Film TV dan OTT.

Secara istimewa Kota Bogor dipilih menjadi lokasi pertama kegiatan tahunan tersebut. SCENE merupakan wadah untuk melahirkan para penulis – penulis skenario yang nantinya akan diimplementasikan dalam sebuah film ataupun konten televisi.

SCENE juga bertujuan untuk menemukan dan mengakselerasi penulis menjadi pembuat skenario yang dapat memberikan warna baru dalam industri Film Televisi dan OTT.

SCENE tahun 2022 ini dilangsungkan di 101 Hotel Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kegiatan juga dibuka langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Selasa (22/2/2022).

“Kepariwisataan kita ini memang harus didefinisikan ulang. Terutama di wilayah Jabodetabek, bagaimana merubah wilayah ini menjadi tujuan wisata. Dengan skenario tentang keadaan wisata dan menjadi daya tarik, itu bisa menjadi harapan baru,” kata Dedie.

Untuk itu, sambung Dedie, dengan kreatifitas lewat SCENE ini diharapkan mampu memberikan terobosan baru. Juga bisa merubah karakteristik masyarakat Indonesia, Kota Bogor pada khususnya.

Skenario – skenario yang dihasilkan nantinya, kata Dedie, juga bisa menunjukkan potensi wisata yang ada di Kota Bogor. Sehingga tak hanya dalam cerita, namun kekayaan wisata di Kota Bogor bisa terlihat jelas di masyarakat.

“Perubahan – perubahan itu bisa dibangun lewat skenario, sekaligus disisipkan nilai – nilai tentang perbedaan (multikulturalisme). Skenario yang dibuat juga harus bernilai universal,” tambah Dedie.

Dedie berharap, para penulis skenario ini juga nantinya bisa menghasilkan naskah yang inspiratif, bisa diterima oleh masyarakat dalam sebuah film. Dan juga membawa hasil bagi kepariwisataan di Indonesia.

Di tempat yang sama, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio pada Kemenparekraf, Syaifulloh menambahkan, Kota Bogor biasanya dipilih sebagai tempat inkubasi final dari para peserta yang sudah menjalani karantina selama dua pekan.

“Kali ini kita mulai perjalanan SCENE 2022 di Kota Bogor. Kita melihat Kota Bogor ini bukan hanya daerah yang dekat dengan Jakarta, tapi Bogor ini banyak orang kreatifnya. Biasanya sangat sulit mencari 50 orang yang punya cerita kreatif,” kata Syaifulloh.

Para peserta, akan diberikan beragam tools dari para mentor untuk bagaimana menyusun skenario perfilman. Dan bagaimana membuat cerita tersebut layak menjadi sebuah skenario. Pasalnya, kekuatan cerita menjadi kunci dari sebuah skenario baik di televisi, film, maupun OTT.

“Bahkan Pak Presiden Jokowi mengatakan bagaimana suatu cerita bisa memiliki nilai ekonomi, Storynomic. Sehingga dalam SCENE ini juga bisa terjadi pertukaran sumber daya informasi yang nantinya akan mendorong dan mengembangkan industri kreatif nasional,” ujarnya.

Dalam masa karantina, para peserta diberikan materi yang diberikan meliputi pengantar media TV dan Media Baru, pengantar berpikir visual, pengenalan media luaran, pengenalan struktur, logline, character background, praktek kelompok – sinopsis, praktek kelompok – treatment, praktek kelompok – finalize bible, hingga presentasi.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: