Desak Percepatan Penanganan Banjir, Diah Pitaloka Minta Anies Tetapkan Status Tanggap Darurat

Barayanews.co.id – Untuk menyelesaikan permasalahan banjir yang mengepung sejumlah wilayah di Ibukota, Anggota Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka berharap Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan status tanggap darurat.

Dalam pernyataan tersebut, ia juga mengungkapkan agat pemerintah pusat bisa ambil bagian dalam percepatan penanganan banjir.

“Kami harap Pak Gubernur Anies mau mengeluarkan status tanggap darurat. Biar pemerintah pusat bisa ambil bagian dalam percepatan penanganan banjir di Jakarta,” ujarnya, belum lama ini.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan ini mengemukakan, dana penanggulangan bencana pemerintah pusat tak bisa disalurkan tanpa SK Tanggap Darurat dari kepala daerah.

“DKI tidak mengeluarkan tanggap darurat. Sehingga dana safe guarding bencana dari pemerintah pusat tidak bisa dikeluarkan,” cetus legislator dari Dapil Bogor Kota dan Cianjur ini.

Seperti diberitakan, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan memiliki banyak resiko jika terburu-buru dalam menetapkan status darurat.

“Kita tidak akan berkomentar soal status darurat karena status darurat itu punya konsekuensi yang tidak sederhana jadi sebelum kita mendengar resmi saya tidak akan berkomentar,” kata Anies usai meninjau wilayah terdampak banjir di Penjagalan.

Anies pun menampik untuk membeberkan secara gamblang terkait penanganan banjir. Meski begitu, dia menegaskan bencana banjir di Jakarta secara berangsur cepat teratasi dalam tiga hari terakhir.

“Konsekuensinya banyak, nanti anda pelajari sendiri, tapi ini sesungguhnya kalau kita lihat antara kemarin tanggal 1, 2, 3 sudah jauh lebih surut sekarang. Di Jakarta barat paling banyak genangannya tapi hari ini genangan itu sudah mulai surut dan insya allah sabtu dan minggu kita yakin akan jauh lebih sedikit lagi tempat yang masih ada genangan,” beber mantan Mendikbud ini.

Anies percaya jika genangan di tiap wilayah terdampak bisa segera surut maka langkah rehabilitasi bisa cepat dilakukan. Anies juga menyatakan pihaknya akan terus membantu dengan asupan logistik untuk memenuhi kebutuhan parah pengungsi banjir.

“Suplai jalan terus siang, pagi, siang sore itu ada pasokan untuk makanan untuk kebutuhan pokok, ini bekerja terus, dan kalau lihat kondisi bendungan ini insya allah cepat akan selesai,” tandas dia.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan