Kota Bogor

Eks Gedung DPRD Kota Bogor Bakal Direnovasi, Jadi Gedung Apa Ya?

Ditarget Rampung Desember 2021, Proyek Perpustakaan Daerah Kota Bogor di eks Gedung DPRD Mulai Digarap

BOGOR – Ada yang berbeda jika anda melintas di Jalan Kapten Muslihat, ya eks gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor nampak dipasang pembatas tinggi.

Nampak pembatas dipasang di sekeliling gedung, termasuk batas dengan gedung kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang ada disebelahnya. Terlihat, gedung tersebut terlihat akan direnovasi.

Menurut rencana, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menyulap eks kantor wakil rakyat di lingkungan Balai Kota Bogor itu menjadi Perpustakaan Daerah Kota Bogor.

Rupanya rencana tersebut sudah mulai terlaksana di sisa tahun anggaran 2021. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Diskarpus) Kota Bogor Agung Prihanto.

Ia mengatakan bahwa pembangunan Perpustakaan Daerah sudah selesai proses tender dan sudah dimulai. Pelaksanaan akan berlangsung hingga tujuh bulan kedepan atau hingga pertengahan Desember mendatang.

“Sudah mulai. Waktu pelaksanaan sih tujuh bulan, sampai pertengahan Desember lah. Secara formal sudah masuk masa pelaksanaan,” katanya, Jum’at (28/5).

Terkait nilai pekerjaan, sambung dia, setelah proses tender akhirnya ditetapkan satu pemenang dengan nilai penawaran Rp13,6 miliar. Dari pagu anggaran Rp14,1 miliar.

“Dapat pemenang lelang di angka Rp13,6 miliar,” imbuh Agung.

Ia menambahkan, secara teknis pembangunan masih sama dengan rencana yang sudah ada. Selain ada perpustakaan dengan buku-buku yang bisa dibaca warga, nantinya Perpustakaan Daerah Kota Bogor akan menyajikan galeri yang menampilkan arsip Kota Bogor.

Hingga pembangunan Command Center yang selama ini belum dipunyai Pemkot Bogor.

“Iya betul. Selain galeri, ada tambahan pembangunan Command Center di Lantai 4. Mohon doanya agar pelaksanaan lancar dan warga Bogor punya Perpustakaan Daerah yang representatif,” tukas Agung.

Menilik laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, pekerjaan dengan nama paket Revitalisasi Gedung Perpustakaan sudah masuk lelang sejak April lalu dan turun surat penunjukan penyedia barang/jasa pada Mei 2021.

Pembangunan dengan sumber dana APBD 2021 itu akan dikerjakan oleh PT Artikon Dimensi Indonesia yang melakukan penawaran Rp13,6 miliar.

Terpisah, Wali Kota Bogor Bima Arya pernah menuturkan, Perpustakaan Daerah Kota Bogor nantinya akan terdapat buku-buku yang bisa dibaca oleh warga Bogor hingga fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan komunitas.

Selain itu, pada eks gedung DPRD itu akan dibangun Command Center, yang selama ini belum dimiliki oleh Kota Bogor.

“Nanti untuk memonitor kota bisa dari situ, ada satu ruangan disitu. Semua CCTV kota pusatnya disitu, karena selama ini belum ada. Selain gedung perpustakaan, arahnya ada command center dan juga ada kafetaria,” ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku tidak akan melakukan perubahan pada struktur bangunan yang sudah ada. Pekerjaan hanya sedikit renovasi dan polesan saja tanpa merubah bangunan eksisting.

“Sedangkan untuk bekas ruang paripurna akan dijadikan ruang mini teater. Jadi kalau ada tamu-tamu datang, bisa disuguhi dengan video-video tentang Kota Bogor disitu,” tuntas Bima.

Share

Recent Posts

Meeting Antar Kementerian Tentang RPP PPPLH Dimulai, Menteri LHK Siti Nurbaya Targetkan Selesai Bulan Juli

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Kick Off Meeting Panitia Antar Kementerian…

16 jam ago

Peringatan Hardiknas, Great Edunesia Sampaikan Perjalanan Terjal Pendidikan Indonesia

BOGOR - Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, Great Edunesia bersama Dompet Dhuafa dan…

16 jam ago

Pj Hery Antasari Hadiri Peringatan Hari Air Dunia di Situ Kemang

BOGOR - Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan…

16 jam ago

Daftar Bacawalkot, Kang JM Optimis Dapat Tiket Pilkada di 2024

BOGOR - Kader Gerindra Kota Bogor Jenal Mutaqin resmi mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Wali…

17 jam ago

Meeting Antar Kementerian Tentang RPP PPPLH Dimulai, Menteri LHK Siti Nurbaya Targetkan Selesai Bulan Juli

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Kick Off Meeting Panitia Antar Kementerian…

17 jam ago

Tutup Masa Sidang, DPRD Sampaikan Hasil Pengawasan Pembangunan dan Penjaringan Aspirasi Masyarakat

BOGOR - DPRD Kota Bogor resmi menutup masa sidang kedua tahun sidang 2024 pada rapat…

18 jam ago

This website uses cookies.