Harga Cabai Melejit, Ibu-ibu Menjerit

Barayanews.co.id – Harga cabai di sejumlah pasar di Kota Bogor mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal itu telah terjadi sejak awal tahun. Kenaikan harga cabai ini seperti sudah menjadi tradisi, layak halnya jelang lebaran, jelang natal, tahun baru dan jelang imlek yang akan datang beberapa hari kedepan.

“Cabai rawit sampai 80ribu per kilogramnya, sedangkan cabai merah dari 40ribu meroket hingga 70ribu perkilonya,” beber seorang pedangang.

Pernyataan tersebut diungkapkan salah seorang pedagang saat ditemui di salah satu pasar di Kota Bogor. Ia juga mengaku, semua jenis cabai yang dijajakannya mengalami kenaikan, mulai dari cabai merah, cabai rawit hingga cabai keriting.

Asep menjelaskan, cabai merah dari yang harganya Rp 40 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram (Kg). Cabai rawit merah naik dua kali lipat dari Rp 40 ribu menjadi 80 ribu per Kg.

“Cabai keriting Rp 35 ribu ke Rp 60 ribu per Kg. Itu naik pas mau tahun baru. Itu bertahan sampai sekarang,” ujar pedagang lain.

Dia menjelaskan, kenaikan tersebut berpengaruh terhadap penurunan jumlah pembeli. Pembeli yang biasanya meminta satu Kg. Kini hanya membeli dibawah itu.

“Biasanya yang sekilo jadi setengah kilo, seperempat,” katanya.

Berbeda dengan bawang merah, harga bawang malah mengalami penurunan. “Bawang (merah) turun dari yang awalnya Rp 43 ribu ke Rp 28 ribu sejak awal tahun juga,” katanya.

Harga daging ayam broiler mengalami penurunan. Salah seorang pedaganag, Ajum (32) mengungkapkan harga daging ayam broiler turun sejak awal tahun.

“Ayam broiler turun Rp 38 ribu ke Rp 35 ribu per Kg sejak kemarin dari Natal ke tahun baru,” tutur Ajum.

Dia mengungkapkan, lapaknya mulai sepi dikunjungi pembeli sejak libur sekolah usai. Menurutnya, para orang tua muali banyak membeli persiapan peralatan sekolah untuk anaknya.

“Musim hujan biasanya sepi. Apalagi bertepatan dengan masuk sekolah. Biayanya buat sekolah jadi makan seadanya mungkin,” kata Ajum.

Berdasarkan laporan perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat dan barang strategis dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, pada pertengahan Januari 2020. Harga kebutuhan pokok diklaim normal.

Daging ayam broiler Rp 36 ribu turun menjadi Rp 35.429, cabai rawit hijau Rp 36.143 turun menjadi Rp 31.857 dan bawang merah Rp 36.714 turun menjadi Rp 32.571.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected!!

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.