Head to Head Piala Thomas, Indonesia Unggul Jauh Atas Malaysia

BOGOR – Rekor pertemuan atau head-to-head Indonesia vs Malaysia di Piala Thomas menarik untuk diketahui. Pasalnya, kedua tim ini akan kembali berhadapan di babak perempatfinal Piala Thomas 2020.

Sebagaimana diketahui, drawing atau undian babak perempatfinal Piala Thomas 2020 baru saja rampung digelar. Indonesia yang menjadi juara Grup A akan dihadapkan dengan Malaysia yang menjadi runner-up Grup D.

Sebelum berhadapan di babak perempatfinal pada esok hari, Indonesia dan Malaysia ternyata sudah saling berhadapan sebanyak 17 kali di ajang Piala Thomas. Hasilnya, Indonesia meraih kemenangan jauh lebih banyak.

Dari 17 pertemuan, Tim Merah Putih meraih 12 kemenangan, sementara lima laga lainnya berakhir memilukan. Pertemuan pertama Indonesia vs Malaysia di Piala Thomas sendiri terjadi pada Piala Thomas 1958.

Kala itu, Indonesia pertama kalinya berpartisipasi dalam ajang kejuaraan grup putra paling bergengsi. Hasilnya, tim Merah Putih bisa langsung tampil apik dan melenggang ke babak challenge round.

Di babak itu, Indonesia berhadapan dengan Malaysia yang berstatus juara bertahan. Hasilnya, kemenangan langsung diraih Indonesia yang melibas Malaysia dengan skor 6-3. Hasil ini langsung menghentikan tren positif Malaysia di Piala Thomas.

Setelah tak bersua beberapa edisi, Indonesia akhirnya kembali dihadapkan dengan Malaysia di Piala Thomas 1867. Pertemuan itu terjadi di challenge round. Hasilnya, Indonesia tumbang dengan skor 3-6.

Sementara itu, untuk tiga pertemuan terakhir Indonesia melawan Malaysia di Piala Thomas terjadi pada gelaran 2004, 2014, dan 2018. Hasilnya, Indonesia dua kali memetik kemenangan.

Pada 2004 dalam gelaran Piala Thomas yang berlangsung di Jakarta, tim bulu tangkis Indonesia bertemu Malaysia di babak perempatfinal. Penampilan gemilang bisa ditunjukkan skuad Merah Putih yang menang dengan skor 3-1. Sayang, di babak semifinal, Indonesia keok dari Denmark dengan skor 2-3.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan