Kekurangan Pembina, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor Akan Geber Regenerasi

Barayanews.co.id – Ratusan orang pengurus Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bogor dilantik Bupati Bogor Ade Yasin di Bumi Perkemahan Wisata Gunung Pancar, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Senin, (14/9).

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridho menuturkan saat ini Kabupaten Bogor masih kekurangan pembina pramuka, hingga jajarannya akan melakukan regenerasi atau pendidikan.

“Saat ini dengan jumlah siswa 400 ribu jiwa dengan jumlah pembina hanya 10.500 jiwa, kita masih kekurangan 2.500 jiwa hingga kita akan melakukan regenerasi pendidikan seperti Kursus Mahir Dasar, Kursus Mahir Lanjutan, Kursus Pelatih Dasar dan Kursus Pelatih Lanjutan untuk mencetak pembina Pramuka karena kalau peserta didik banyak tetapi pembinanya kurang kan bakal tidak maksimal ,” tutur Agus.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor ini juga menerangkan kekurangan pembina Pramuka ini karena menurunnya minat pelajar atau pemuda dalam berorganisasi di Pramuka.

“Jadi pengurus Kwartir Cabang Pramuka ini bukan hanya nampang dan gagahan dengan seragam Pramuka, tetapi bagaimana kita membantu peserta didik dan masyarakat sesuai tujuan organisasi Pramuka. Semoga dengan dilantik di alam bebas yang indah ini, menjadi inspirasi kita untuk terus berkembang dan memajukan organisasi Pramuka,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin berharap ketertarikan pelajar dan pemuda kepada organisasi Pramuka meningkat, hingga ini menjadi tugas Agus Ridho selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor.

“Organisasi Pramuka ini kan banyak manfaatnya seperti mengenal UUD 45, Pancasila dan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia hingga harus terus digalakkan hingga generasi milenial tertarik untuk bergabung di organisasi Pramuka, saya minta Agus Ridho untuk meningkatkan minat generasi milenial untuk menjadi anggota maupun pengurus Pramuka,” kata Ade.

Ibu dua orang anak ini menambahkan bahwa dirinya ikut menggalakkan Pramuka dengan mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN untuk memakai seragam Pramuka setiap tanggal 14.

“ASN dan non ASN Pemkab Bogor setiap tanggal 14 tidak hanya diwajibkan memakai seragam Pramuka tetapi juga melaksanakan nilai-nilai yang ada di organisasi Pramuka, saya tidak ingin Pramuka ini hilang seperti hilangnya mata Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang mengakibatkan menggerus nilai-nilai moral masyarakat,” tambahnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected!!

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.