Kota Padang Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XV - BarayaNews

Kota Padang Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XV

Kota Padang tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022. Rencananya, rakernas ini akan digelar Agustus mendatang bersamaan dengan Hari Jadi Kota Padang ke-353.

Ketua APEKSI, Bima Arya langsung mengunjungi Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu bersama Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam untuk mengecek sejumlah persiapan rangkaian acara.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, Kota Padang siap menjadi tuan rumah. Pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk mempersiapkan agenda itu.

“Insya Allah kita akan siapkan 100 persen untuk menyiapkan penyambutan, untuk menjadi tuan rumah ini. Dan kita masih ada waktu 5 bulan ke depan. Ini merupakan momentum, kapan lagi,” katanya di rumah makan Sate Manang Kabau, Kota Padang, Selasa (8/3/2022).

 

 

Atas nama pribadi dan Pemkot Padang dia mengaku senang dan bangga bisa dikunjungi oleh Ketua APEKSI untuk melihat kesiapan Kota Padang. Hendri mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan juga semua anggota APEKSI yang telah mempercayakan Kota Padang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas APEKSI ke-XV Tahun 2022.

“Kami berharap dengan kedatangan tamu-tamu dari Kota di Indonesia ke Kota Padang dapat menggeliatkan kembali ekonomi kerakyatan yang ada di Kota Padang,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Hendri menyampaikan akan membangun Tugu Apeksi di kantor pemerintahan Kota Padang.

“Insya Allah di lokasi itu akan menjadi Alun-Alun Kota, yang nanti setelah peresmian Tugu APEKSI akan dikelilingi taman-taman untuk masyarakat bisa berkegiatan,” jelasnya.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya menuturkan, di bulan Agustus nanti dalam rakernas juga akan kegiatan Indonesia City Expo. Acara ini akan ramai sekali, karena seluruh kota beramai-ramai untuk menampilkan potensi atau kelebihan daerahnya.

“Jadi kalau kita jalan-jalan ke Indonesia City Expo itu kayak jalan-jalan keliling Indonesia dan kita harus membeli produk dari daerah-daerah lain. Itu dukungan kita kepada teman-teman kota lain,” tuturnya.

Nantinya, dalam agenda rakernas selain rapat kerja untuk membahas rekomendasi kepada pemerintah pusat, program kerja dan pemilihan kota tuan rumah Rakernas 2023, ada juga kegiatan seperti welcome dinner, Indonesia City Expo, pentas seni, ladies program, penanaman pohon hingga Youth City Changers Camping.

Kegiatan Youth City Changers Camp ini merupakan kegiatan yang berbeda dari rakernas sebelumnya. Pesertanya berasal dari para pemuda dari seluruh kota se-Indonesia. Tujuannya untuk memperkenalkan jiwa kepemimpinan kepada anak-anak muda agar bisa termotivasi untuk menjadi pemimpin/wali kota.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: