Lebak Oca, Pehobi Cupang yang Kini Ikannya Mendunia

Barayanews.co.id – Kabupaten Bogor memiliki sejumlah kawasan budidaya perikanan. Salah satunya berada di Kampung Lebak Oca RT 05/01, Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Berbeda dari yang lainnya, ikan cupang menjadi pilihan budidaya di daerah ini.

Mereka menamakan diri Kelompok Pembudidaya Cupang (KPC) Lebak Oca Mandiri. Terbentuk sejak 2014, kelompok ini sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Dinas Perikanan dan Pertanian (Disnakan, red) Kabupaten Bogor.

Dipimpin M Yogie, kelompok ini mengembangkan berbagai jenis ikan cupang. Misalnya jenis serit atau crown tail, halfmoon, giant dan plakat.

Saat ini, ada puluhan ribu ikan cupang yang tengah dikembang-biakan dan siap untuk di jual.

“Selain di sekret KPC Lebak Oca Mandiri, masih ada lokasi lain yang di fokuskan, tepatnya di lingkungan masyarakat sekitar,” kata Yogi kepada Metropolitan, Minggu (19/7).

Menurutnya, penjualan ikan hasil budidaya KPC Lebak Oca Mandiri tak hanya di dalam negeri. Ikan cupang hasil rawatan mereka juga diminta mancanegara sehingga seringkali dijual ke pembeli luar negeri di Asia dan Eropa.

“Kami awalnya berjalan dari hobi, Alhamdulillah terdapat nilai ekonomismya. Tentu ini suatu hal yang luar biasa dan menjadi fokus kegiatan untuk mengembangkan sektor perekonomian di lingkungan masyarakat Lebak Oca,” terangnya.

Yogie menjelaskan, KPC Lebak Oca Mandiri dapat berjalan hingga saat ini berkat kebersamaan pengurus yang masih terjaga baik dari awal terbentuk hingga kini.

“Saat ini, kami tengah memfokuskan pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya ikan cupang. Di sini (Kp Lebak Oca) sudah sulit untuk lahan luas, jadi kami memanfaatkan dengan pekarangan rumah-rumah warga untuk membudidayakan ikan,” ungkap Yogie.

Ikan cupang hasil budidaya KPC Lebak Oca Mandiri dijual dengan harga variatif. Mulai dari harga Rp35.000 hingga Rp100.000 perekor. Namun, untuk ikan dengan kualitas super atau yang sudah memenangi kontes bisa dijual seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan