Pemkot Bogor Akan Vaksinasi Lansia

Barayanews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan vaksinasi kepada lansia di Kota Bogor.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno saat ditemui di Balaikota Bogor, Selasa (9/3/2021).

Ia mengatakan pihaknya sudah mendapat arahan dari Kementrian Kesehatan bahwa lansia saat ini sudah bisa di vaksin.

“Kemarin kami dapat alokasi 5.550 dosis vaksin, selain untuk kekurangan palayanan publik, kita akan jadawalkan untuk lansia, namun untuk lansia kita akan lakukan vaksinasi dengan skala prioritas. Kita akan prioritaskan dulu untuk lansia yang di area resiko tinggi kasusnya,” ungkap Retno.

Untuk vaksinasi lansia, lanjut Retno arahan awalnya harus dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) seperti Puskesmas dan Rumah Sakit (RS). Persiapkan faskesnya sendiri berbasis wilayah atau dengan vaksinasi massal dengan protap yang disediakan.

“Untuk lansia akan ada tambahan screening khusus, karena lansia banyak yang memiliki penyakit bawaan keterbatasan gerak,” katanya.

Ia menjelaskan, terkait pendaftaran vaksinasi untuk lansia adalah berbasis wilayah. Saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan.

“Jadi pendaftarannya bisa melalui RW, kantor poswindu dan puskesmas, nanti by name by addres-nya ke Dinkes,” ujarnya.

Namun, untuk pelaksanaan vaksinasinya pihaknya sedang mempersiapkan SDM umtuk melakukan vaksinasi lansia ini, karena SDM yang ada sekarang sedang fokus di vaksinasi massal.

“Jadwalnya sambil memperhitungkan kesiapan SDM, karena SDM sedang fokus ke vaksinasi massal, tapi nanti akan saya bagi porsinya, prioritas lansia mana yang di vaksin karena vaksin yang ada saat ini tidak akan cukup,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan