Perkuat UMKM, HIPMI Rangkul Pelaku Usaha

Barayanews.co.id – Dalam peran serta membantu para pelaku usaha untuk berkembang, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor melaunching sebuah program yang dinamakan HIPMI UKM Connection.

Launching yang dilangsungkan di ruang GSG Mall BTM, Kecamatan Bogor Tengah itu diisi dengan seminar wirausaha bertema “Bersama Membangun Daya Tahan UKM Dimasa Pandemi”.

Ketua HIPMI Bogor Connection Marwan Suherwan menjelaskan, acara ini, diikuti 130 peserta UKM. HIPMI Connection adalah sebuah badan otonom dari HIPMI Kota Bogor yang tujuannya memberdayakan dan mengkoneksikan antar UKM. Apalagi di masa pandemi saat ini, UKM harus bertahan.

“Jadi, harus terkoneksi antara satu UKM dengan UKM lain agar mereka bisa tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19 ini. Intinya di sini kami mencoba mencari solusi bersama untuk UKM Kota Bogor,” ungkap Marwan, Kamis (10/12/20).

Marwan melanjutkan, karena baru launching, data UKM akan divalidasi dahulu. Ke depan pihaknya akan lebih banyak membuat acara seminar dan pelatihan untuk para UKM. Tapi apabila ada UKM yang membutuhkan bantuan modal, pihaknya siap membantu melalui koperasi HIPMI Kota Bogor.

“Kami akan berkoordinasi juga dengan Dinas Koperasi dan UMKM serta Disperindag Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara, Ketua HIPMI Kota Bogor, Zulfikar Priyatna mengatakan, hal ini sebetulnya sudah dilakukan sejak enam tahun lalu tetapi baru di tahun ini HIPMI melaunchingnya karena sudah diresmikan sebagai badan otonom sebagaimana peraturan HIPMI sehingga dibentuklah secara resmi berikut kepengurusannya.

Zulfikar mengungkapkan, melihat data HIPMI, dalam satu bulan bisa 40 lebih pengusaha yang daftar tetapi yang lolos kurang dari 10 persen. Rata-rata yang tidak lolos itu karena usia yang sudah tua karena batas usia di HIPMI itu 40 tahun. Kemudian faktor lainnya tidak sanggup membayar iuran, lalu ada juga yang belum memiliki izin usaha.

“Kami mempunyai lembaga bantuan hukum. Jadi, kalau ada masalah atau kendala bisa cerita ke kita dan nanti HIPMI akan bantu. Seperti kalau ada yang butuh modal bisa dibantu melalui pinjaman di koperasi HIPMI,” ungkapnya.

“HIPMI bisa mencarikan solusi. Tidak hanya berbicara. Secara profesional kita bisa membentuk tim pemasaran, tim marketing, tim desain, branding dan packaging. Jadi, UKM tinggal datang ke HIPMI Kota Bogor saja,” tambahnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected!!

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.