Stabilkan Harga Bahan Pokok, Perumda PPJ Buka Bazaar Murah

Barayanews.co.id – Lonjakan harga yang signifikan pada beberapa komoditi pokok seperti daging, bawang dan cabai membuat Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) putar otak untuk menstabilkan harga.

Dengan bantuan dari Kementerian Pertanian, Perumda PPJ menggelar bazaar sembako murah, salah satunya adalah di Pasar Sukasari, Kota Bogor.

“Memang yang lagi jadi pembahasan di kita yaitu cabai, naik yang lumayan tinggi terutama di cabai rawit dan cabai cabai lain juga ada kenaikan. Tapi tidak terlalu se-signifikan cabai rawit yang mencapai kisaran 90 sampai 95 ribu,” kata Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ, Muzakkir, Jumat (22/1/2021).

Sedangkan untuk komoditi daging sapi, sambung dia, saat ini tidak ada upaya mogok dagang dari para penjual di pasar.

Hanya saja, yang menjadi perhatian Perumda PPJ yakni berkurangnya pasokan daging. Biasanya ada 30 ekor sapi yang dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), kini hanya 20 ekor sapi saja.

“Ini sudah tiga hari rata-rata di angka 20-an ekor, ini tandanya ada penurunan. Dan dari data yang ada juga itu masih mencukupi kebutuhan sehari-hari di Kota Bogor. Dari sisi harga juga ada kenaikan tapi tidak signifikan, antara Rp2.000 sampai Rp5.000. Dimana harga daging sapi per kilogramnya Rp120 ribu,” paparnya.

Ia menambahkan, bazar sembako murah ini diharapkan bisa membantu masyarakat menengah kebawah dan membuat harga di pasar menjadi stabil.

“Tujuan operasi pasar ini kan untuk menstabilkan harga dan penurunan harga dan itu bukan penurunan pembelian,” tandasnya.

Hari ini (22/1/2021) menjadi hari terakhir digelarnya bazar sembako murah di Pasar Sukasari. Namun, besok bazar akan digelar di Pasar Gunung Batu sampai Minggu (24/1/2021) mendatang.

Adapun komoditi yang dijual di bazar sembako murah ini diantaranya, beras seharga Rp44.000 per karung, bawang merah Rp23.000 per kilogram, bawang putih Rp17.500 per kilogram dan minyak goreng Rp11.500 per pack.

Lalu ada juga gula pasir seharga Rp12.000 per kilogram, telur ayam Rp22.000 per kilogram, cabe merah keriting Rp20.000 per setengah kilogram dan cabe rawit merah Rp30.000 per setengah kilogram.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan