Video Banjir Viral di Medsos, BNPB : Hoax, Hoax!

Barayanews.co.id – Video banjir bandang di Bogor yang tengah ramai diperbincangkan di Medsos dipastikan Hoax. Hal itu dinyatakan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Mitigasi Bencana BPBD Kabupaten Bogor, Dede Armansyah.

“Hoax, hoax. Sudah dipastikan itu bukan di Bogor. Hari ini saya dapat banyak sekali pertanyaan itu (video lumpur di Bogor),” katanya ketika dihubungi, Senin (6/1/2020).

“Iya yang katanya lumpur itu kan? Bukan, bukan (di Bogor). Hoax,” tegasnya.

Dede mengaku tidak mengetahui lokasi sebenarnya kejadian dalam video itu. Namun dia memastikan di wilayah Kabupaten Bogor tidak ada bencana susulan.

“Dari jalur resmi kita cek, ke camat, nggak ada informasi (bencana susulan). Kasih tahu ke semua, itu hoax,” ungkap dia.

Sebelumnya, beredar video viral berdurasi 29 detik dengan narasi yang menyebut ada pergerakan tanah lumpur di Jasinga, Kabupaten Bogor. Dalam narasi video itu disebutkan bencana tersebut terjadi hari ini (6/1/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menelusuri video itu. Salah satunya dari Pemkab Lebak, Banten.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo menjelaskan peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Cidurian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja. Sungai Cidurian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa.

“Berdasarkan sumber yang diterima dari Bupati Kabupaten Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Cidurian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja. Sungai Cidurian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa,” jelasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected!!

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.