Yeaaay! Kampung Cikeas Dapat Bantuan Rp380 Juta Untuk Budidaya Ikan Konsumsi

BOGOR – Masyarakat Kampung Cikeas, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur mendapatkan bantuan dana sebesar Rp380 juta dari Bank Jabar Banten (BJB) untuk budidaya ikan konsumsi.

Penyerahan dana secara simbolis dilakukan oleh Kepala Cabang (Kacab) BJB Kota Bogor Muhammad Aditya Wiradharma dan diterima oleh Camat Bogor Timur Rena Da Frina juga disaksikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Selasa (6/7/2021) siang.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan, mulai ditata lagi konsep pembenahan Cikeas setelah tahun lalu juara P2WKSS, pembenahan terus berlanjut tidak berhenti dalam lomba saja. Kampung Cikeas menjadi pusat koordinasi kegiatan warga, kemudian memanfaatkan minat potensi disini yaitu ikan.

“Jadi saya titip uang bantuan dikelola dengan baik, sehingga yang terdampak Covid-19 Kota Bogor bisa dibantu. Saya pikir pekerjaan harus bagus. Jangan berhenti disini, kami akan carikan kembali bantuan dari sumber lain,” ungkapnya.

Bima melanjutkan, berbagai macam sumber pendanaan akan dicari tapi disini harus menghasilkan, warung menghasilkan, budidaya ikan harus menghasilkan. Sehingga lama-kelamaan tidak perlu bantuan lagi tapi sudah berputar dananya.

“Saya lihat UMKM warung sudah berjalan, semua menjadi hidup dan titik study dari tempat lain, menambah penghasilan warga. Tapi budidaya ikan akan kami bangun. Promosi karang taruna sudah ada sosmed dan aktif mempromosikan,” tambahnya.

Kacab BJB Kota Bogor, Muhammad Aditya Wiradharma mengatakan, kalau pihaknya menunggu permintaan dari Pemkot Bogor, sehingga bisa berpartisipasi. Kedepan bagaimana dilihat dahulu, selain itu keinginannya produk UMKM yang ingin dimajukan karena geliatnya sudah ada.

“Kami dorong UMKM bisa berkembang bagi kesejahteraan masyarakat. Saya lihat ini sudah enak untuk sekup perkampungan,” tuturnya.

Ia menambahkan, ini bisa jadi destinasi wisata, semisal di Bandung sungai kotor sekarang bisa jadi destinasi wisata. Ini dilihat sudah bagus air sungainya bersih dan udara sejuk.

“Dikelola bisa jadi destinasi wisata, kami akan bantu promosi dengan media sosail BJB yang sudah banyak followersnya. Selain promosi dari warga Cikeas ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Camat Bogor Timur, Rena Da Frina mengatakan, yang penting sekarang ini bapak Wali Kota Bogor Bima Arya komitmen mencari bantuan pemberdayaan ekonomi disini, kalau tahun kemarin masa lomba semua dinas ikut berkontribusi.

“Lumayan proses penganiayaan enam bulan, semua usulan dari warga. Jadi disini akan ada ternak kambing, budidaya ikan air tawar sudah ada juga punya market tersendiri. Dengan adanya bantuan bagaimana pengembangannya lebih besar lagi. Diperluas lagi kolam ditambah dengan hasil lebih banyak, ikan konsumsilah, untuk ke pecel lele dan pasar,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan