Yes! Proyek Pembangunan Alun-alun Bogor Segera Terealisasi

BOGOR – Proyek pembangunan Alun-Alun Kota Bogor di lahan eks Taman Topi, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, nampaknya akan segera terealisasi.

Sebab setelah melalui serangkaian proses tender, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akhirnya menetapkan pemenang proyek yang menelan pagu anggaran Rp14,2 miliar itu pada Jumat (21/5/2021) kemarin.

Dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, pekerjaan dengan nama Pembangunan Alun-Alun Kota Bogor itu sudah menetapkan pelaksana, yakni PT Samudera Adi Nusantara.

Perusahaan beralamat di Kabupaten Garut, Jawa Barat itu mengandaskan lebih dari 70 peserta yang mendaftar tender dengan harga penawaran Rp13,6 miliar. Diketahui dari puluhan pendaftar, hanya dua penyedia jasa yang memasukan penawaran.

Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Henny Nurliani. Terkait tender Pembangunan Alun-Alun Kota Bogor, kata dia, sudah ditetapkan pemenang.

Setelah ini, sambung Henny, masuk tahapan masa sanggah selama lima hari kerja. Sebelum benar-benar bisa dilakukan pelaksanaan pada proyek dibawah Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) sebagai pengguna anggaran itu.

“Betul sudah ada pemenang. Pelaksanaan kita menunggu tahap masa sanggah lima hari kerja ya. Setelah itu baru bisa pelaksanaan,” katanya kepada Metropolitan.id, Sabtu (22/5).

Ia pun berharap dengan selesainya proses tender, pelaksanaan pembangunan Alun-Alun Kota Bogor bisa segera terealisasi dan selesai sesuai target.

“Tentu kita berharap seperti itu. Karena proses tender juga sudah ada penetapan pemenang, tinggal tunggu masa sanggah. Baru bisa dilaksanakan dan semoga selesai tepat waktu,” tukas Henny.

Diketahui, untuk membangun Alun-Alun Kota Bogor, Pemkot Bogor mendapat sokongan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp14 miliar.

Sejatinya proyek ini sudah memiliki Detail Engineering Design (DED) sejak 2019, namun urung terlaksana pada tahun anggaran 2020 karena terkena refocusing anggaran.

Kepala Bi­dang Pertamanan Pene­rangan Jalan Umum (PJU) dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan dan Pe­mukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Irfan Zacky menerangkan, proyek akan memakan waktu kurang lebih enam bulan dan ditarget bisa rampung pada November tahun ini.

“Nantinya akan ada empat segmen. Ya­kni segmen alun-alun, segmen hutan kota, segmen olahraga dan segmen keagamaan yang terintegrasi dengan Masjid Agung,” tuntas Irfan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan